Terima Kasih sudah singgah.....

Kamis, 17 Februari 2011

KLASIFIKASI PARFUM


Keluarga besar parfum berikut ini diklasifikasikan oleh Departemen Teknik Societe Francaise des Parfumeurs dan dipublikasikan oleh Comite francaise du Parfum.

A. Keluarga Citrus. Meliputi semua eau de cologne bagi pria dan wanita. Kelompok ini mencerminkan esensi minyak wangi dari sari buah (lemon, citrus/bergamot, jeruk, dan anggur). Termasuk keluarga ini: Citrus, Floral Chypre Citrus, Spicy Citrus, Woody Citrus, Aromatic Citrus.


B.  Keluarga Floral/Bunga. Merupakan keluarga parfum terbesar. Meliputi berbagai parfum bertema sentral bunga (mawar, lili, jasmine, narcissus, tuberose, dan sebagainya). Terdiri atas: Single-fragrance Floral, Lavender, Floral Bouquet, Green Floral, Aldehydic Floral, Woody Floral, Fruity Woody Floral.
C.  Keluarga Fern/Pakis. Nama keluarga ini hanya rekaan, tanpa bermaksud memproduksi aroma pakis. Merupakan campuran lavender, kayu, lumut oak, citrus/bergamot, dan lain-lain. Termasuk dalam keluarga ini: Fern, Sweet Oriental Fern, Flowery Oriental Fern, Spicy Fern, Aromatic Fern.
D.  Keluarga Chypre. Kelompok ini memakai nama seperti parfum yang diciptakan pada 1917 oleh Francois Coty. Parfum Chypre begitu terkenal, sehingga menjadi keluarga parfum tersendiri. Menyajikan campuran lumut oak, citrus/bergamot, patchouli (sejenis daun kering), labdanum (sejenis getah damar), dan sebagainya. Terdiri atas: Chypre, Flowery Chypre, Aldehydic Flowery Chypre, Fruity Chypre, Green Chypre, Aromatic Chypre, Leather Chypre
E. Keluarga Woody. “Keluarga kayu” menjanjikan parfum dengan kesan kehangatan sebagai gabungan sandalwood dan patchouli, atau kesan kering sebagai gabungan (kayu) cedar dan (rumput) vetiver. Namun, sebagai campuran dasar, lebih sering terdiri atas citrus dan lavender. Termasuk di dalamnya: Woody, Citrus Conifer Woody, Aromatic Woody, Spicy Woody, Leather Spicy Woody, Oriental Woody.
F. Keluarga Oriental. Komposisi keluarga ini beraroma manis seperti bedak. Terdiri atas campuran vanili, labdanum, dan kelenjar hewan. Termasuk di dalamnya: Woody Flowery Oriental, Spicy Flowery Oriental, Sweet Oriental, Citrus Oriental, Flowery Semi-Oriental.
G. Keluarga Leather/Kulit. Ini keluarga khusus dalam industri parfum, yang bertujuan menciptakan kembali aroma asap, kayu terbakar, tembakau, dan sebagainya. Karena sangat sedikit parfum yang termasuk jenis ini, tak ada contoh yang dapat diberikan. Terdiri atas: Leather, Flowery Leather, Leather Tobacco.
  
JENIS-JENIS PARFUM DILIHAT DARI KADARNYA
1.      Perfume : mengandung 15-30% kadar esens, wanginya bisa tahan antara 6 - 8 jam.
2.      Eau de Perfume : mengandung 12 - 18% kadar esens, wanginya bisa tahan antara 4-6jam.
3.      Eau de Toilette : mengandung 5-7% kadar esens, wanginya bisa tahan antara 2-4jam.
4.      Eau de Cologne : mengandung 3-5% kadar esens, wanginya bisa tahan antara 2-3jam.
5.      Cologne : mengandung 1-3% kadar esens, wanginya cepat sekali hilang.

(sumber milis BOSSFamily Oriflame)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar